Kamis, 24 Desember 2015

ALAT UKUR

Setelah kita mempelajari pengertian besaran dan satuan beserta definisi satuan internasional (SI) yang digunakan saat ini, maka muncul pertanyaan baru, dengan apa kita mengukur? Jawabannya adalah dengan alat-alat ukur. Tentu saja alat-alat ukur ini telah mengalami proses standardisasi yang mengacu pada standar satuan internasional (SI) yang digunakan saat ini seperti yang telah dipaparkan dalam tulisan sebelumnya.
Alat Ukur PanjangAlat ukur yang biasa digunakan untuk besaran panjang antara lain penggaris, meteran, jangka sorong, dan mikrometer. Masih adakah jenis lainnya? Masih, yang jelas prinsipnya semua mengacu pada 1 meter standar seperti yang telah dijelaskan dalam materi sebelumnya.
Alat ukur yang biasa digunakan untuk besaran massa antara lain timbangan biasa, timbangan digital, neraca biasa, dan neraca Ohaus. Tentu saja semakin tingginya teknologi saat ini, alat ukur besaran massa juga semakin berkembang dan semakin kompleks. Dapatkah Anda menyebutkannya?
Terakhir adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk besaran waktu antara lain stopwatch, arloji, jam dinding dan sejenisnya. Seperti halnya dua besaran sebelumnya, semakin majunya teknologi saat ini maka alat-alat pengukur besaran waktu pun semakin detil sesuai dengan kebutuhannya.
Neraca
Waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar