Minggu, 27 Desember 2015

DINAMIKA GERAK LURUS

Hukum Newton tentang Gerak

Dalam pembahasan terdahulu sudah dibahas tentang gerak tanpa menghiraukan apa penyebab gerak itu sendiri. Dalam kesempatan ini saya akan sedikit menguraikan tentang gerak bila ditinjau dari penyebabnya.
Pembahasan tentang gerak dengan melihat penyebabnya diuraikan dalam teori Newton tentang gerak yang disebut dengan Hukum Newton.

 
A. Hukum ke-1 Newton :
Hukum ini sering disebut dengan Hukum Kelembaman yaitu kecendrungan sebuah benda untuk mempertahankan keadaan dirinya seperti keadaannya semula, yaitu jika benda dalam keadaan diam maka cendrung tetap diam dan jika sedang bergerak lurus beraturan akan cendrung untuk terus bergerak lurus berturan selama tidak ada gaya lain yang mempengaruhinya dari luar. Dalam hal ini Resultan gaya yang bekerja pada benda harus sama dengan nol (F = 0)

B. Hukum ke-2 Newton
Hukum ke-2 Newton ini menjelaskan tentang percepatan yang dialami oleh sebuah benda ketika benda ini diberi gaya.
Menurut Hukum ke-2 Newton " Percepatan yang dialami oleh sebuah benda sebanding dengan gaya yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda itu sendiri ". atau secara matematika dapat dirumuskan sbb :
F = m a
Keterangan : F : Beasarnya Gaya ............. (newton)
m : massa benda ................. (kg)
a : percepatan ...................... (m/s2)
Contoh : 1
Jika sebuah benda yang massanya 25 kg ditarik dengan gaya 100 N sejajar lantai, (anggap lantainya licin) Berapakah percepatan yang akan dialami oleh benda ?
Diketahui :
m = 25 kg
F = 100 N
Ditanya : a ........... ?
F = m a
100 = 25 a
a = 100 /25
a = 4 m/s

Contoh : 2
Benda yang massanya 25 kg ditarik dengan gaya 100 N yang arahnya mengapit sudut 60 dengan lantai, hitunglah percepatan yang dialami oleh benda !
Diketahui :
m = 25 kg
F = 100 N
α = 60º
Ditanya : a ......... ?
F Cos α = m a
100 Cos 60º = 25 . a
100 . 0,5 = 25 . a
50 = 25 . a
a = 50 / 25
a = 2 m/s2
C. Hukum ke-3 Newton
Hukum ke-3 Newton ini sering juga disebut Hukum Aksi Reaksi, maksudnya jika benda satu melakukan gaya aksi terhadap benda dua, maka benda dua akan melakukan gaya reaksi terhadap benda satu untuk mengimbanginya. Pada kejadian seperti ini besarnya gaya aksi sama dengan gaya reaksi.
atau :

Faksi = Freaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar